Tips Mengatur Porsi Makan yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

 

Tak peduli diet seperti apa yang kamu ikuti, agar berat badanmu turun, kamu harus tahu bagaimana caranya untuk mengerem porsi-porsi makanmu. Namun, tentu saja, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Ukuran porsi ternyata pada dekade-dekade terakhir ini naik drastis sehingga mata kita tak lagi tahu apa “cukup” itu. Akibatnya, kita jadi makan lebih banyak kalori dari yang kita kira dan akhirnya merusak upaya kita sendiri untuk menurunkan berat badan. Menimbang dan mengukur makananmu bisa sangat membantu. Lakukan hal-hal berikut ini untuk menjaga porsi makan tetap tidak berlebihan dan membuat penurunan berat badan jadi lebih mudah.

Mulai masak dengan pelengkap dulu

Cobalah mengukur seberapa banyak mentega, minyak, dressing salad, mayones, dan segala ekstra yang kamu rencanakan ada pada makananmu, lalu letakkan botol-botol ini ketika kamu masak. Kamu akan secara otomatis jadi masak dengan menggunakan ukuran porsi yang lebih sehat. Ini dikarenakan kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka sering sekali memberi saus dan pelengkap lain dalam jumlah yang keterlaluan ketika mereka memberi topping pada makanan mereka. Perubhaan kecil ini bisa berujung kepada manfaat yang besar pada jangka panjangnya nanti.

Jangan makan “makanan diet”

Makanan yang rendah kalori, bebas lemak, dan bebas gluten seringkali berarti sangat mudah untuk dimakan kebanyakan. Dalam salah satu studi yang diadakan oleh Cornell University Food and Brand Lab, ditemukan bahwa mereka yang mengira mereka mengonsumsi makanan rendah lemak ternyata makan 28,4% kalori dibandingkan dengan mereka yang tahu mereka mengonsumsi makanan yang bukan “makanan diet.” Selain itu, banyak makanan diet yang sudah dipaketkan ternyata sangat rendah pada salah satu za gizi (misalnya, lemak atau gula) tapi rendah pada zat lainnya. Atau, kamu jadi tetap lapar ketika memakannya. Akibatnya, kamu jadi susah mengendalikan porsi makan.

Isi setengah dari piringmu dengan sayuran

Ketika mengisi makanan pada piringmu, ikuti aturan sederhana ini: isilah setengahnya dengan sayuran, seperempatnya dengan protein, dan seperempatnya lagi dengan karbohidrat. Bagi kebanyakan wanita meningkatkan ukuran porsi makan karbohidrat seringkali secara otomatis berarti mengurangi porsi makanan lain yang rendah kalori, seperti pasta atau steak. Sayuran memainkan peran penting dalam menjaga ukuran porsi makan. Jika kamu mengurangi lemak atau karbohidrat, maka kamu harus menambahkan sayuran agar ukuran porsimu tetap sama sehingga kamu bisa menghalangi kelaparan. Sayuran bisa membuatmu kenyak secara psikologis karena membuat piringmu jadi terlihat penuh. Selain itu, juga kaya serat, sehingga membuatmu kenyang secara fisiologis.

Jadi, kalau ingin mengurangi porsi makan dengan konsisten, ikutilah tips-tips di atas.

The post Tips Mengatur Porsi Makan yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya appeared first on Tampil Cantik.



from Tampil Cantik http://ift.tt/2H3zsIj
Dapatkan Perawatan Rambut  dan Kosmetik Terlengkap  Hanya di Ecommerce Populer Indonesia (Klik Banner  di Bawah Ini)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk jaga Rambut Kamu Supaya tetap Sehat dan Indah

REVIEW: Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Milk

REVIEW: Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop